PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang

BBPP Binuang bekali siswa magang dengan keterampilan budidaya tanaman




 September 2023, Mereka telah cukup aktif melakukan kegiatan-kegiatan budidaya tanaman pangan dan hortikultura. Siswi Magang ini akan berada di BBPP Binuang Selama lebih kurang 3 bulan. 

 Siswi magang diberikan pembekalan berupa pengetahuan dan keterampilan melakukan budidaya tanaman cabai. Sampai saat ini kegiatan budidaya cabai sudah melalui tahap penyiapan media tanam, penyemaian benih dan pemeliharaan bibit di pesemaian. Sambil menunggu pembibitan cabai, mereka dilatih membuat pupuk organik cair dan pengolahan hasil pertanian.

“Selama di BBPP Binuang, kami akan menggembleng anak-anak ini dengan langsung melakukan praktik setiap tahapan budidaya tanaman, baik tanaman pangan maupun hortikulura. Sehingga setidaknya mereka akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga nantinya ketika telah lulus dan memasuki dunia kerja,” kata Adi Widiyanto selaku widyaiswara.Adapun, program Praktik Kerja Industri atau dengan istilah lainnya adalah magangdilakukan diberbagai instansi pemerintah dan swasta. Tujuan praktik kerja industri diantaranya adalah mengaktualisasikan model penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Antara SMK dan Instiusi Pasangan Dunia Usaha atau Dunia Industri (DU/DI) yang memadukan secara sistematis dan sistemik program Pendidikan di sekolah (SMK) dan program latihan penguasaan keahlian di dunia kerja (DU/DI).

    Selama pelaksanaan prakerin, siswa yang mengikuti magang berkewajiban untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang telah disepakati. Mematuhi setiap instruksi ditempat magang, menjaga nama baik lembaga pendidikan (almamater),melakukan observasi dan penelitian yang mempunyai tujuan positif. Serta bertanya kepada pihak yang berkompeten apabila kurang paham/ dimengerti.

 

Penulis: Adi Widiyanto, SP, MP (Widyaiswara Ahli Madya BBPP Binuang)