PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang

BPPSDMP Kementan Fasilitasi Penyuluh Pertanian Produksi Biotron




 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi inovasi "Biochar Three In One" (Biotron) yang dihasilkan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, yang diharapkan dapat membantu petani mengatasi kelangkaan pupuk kimia.   

"Biotron jadi bagian kita menghadirkan pupuk organik dan menjadi salah satu upaya kita meningkatkan produksi pangan tanpa ketergantungan dengan pupuk kimia. Temuan atau inovasi lain akan kita dorong, seperti 'smart farming'," kata SYL. 

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menambahkan Biotron merupakan perpaduan antara biochar dengan pupuk organik dan agen hayati.   

Dia mengatakan fungsi Biotron adalah nantinya menyediakan oksigen, menyediakan air dan menyediakan nutrisi. Dengan demikian Biotron akan menjadi rumah bagi mikroba penyubur tanah.   

Kemudian pupuk organik akan membantu memperbaiki struktur dan PH tanah. Lalu agen hayati berfungsi mengendalikan organisme pengganggu tumbuhan.   

”Pupuk hayati akan memasak bahan makanan bagi tanaman sehingga bisa langsung dimakan tanaman. Itulah fungsi Biotron. Paling penting adalah Biotron akan membantu menyuburkan lahan dan mengurangi penggunaan pupuk kimia 40-50 persen,” tuturnya.  

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang sebagai inisiator Biotron pun menyelenggarakan Pelatihan Produksi Biotron, yang diselenggarakan pada tanggal 21 hingga 25 Agustus 2023. 

Peserta pelatihan berjumlah 30 orang yang berasal dari Provinsi Kalimantan Selatan Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Adapun pelatihan ini diselenggarakan di BBPP Binuang. 

Plt Kepala BBPP Binuang, Muhammad Amin mengungkapkan Banyak hal yang harus kita lakukan untuk mengatasi kondisi El Nino dengan inovasi, salah satunya dengan Biotron. 

Koordinator penyelenggara pelatihan BBPP Binuang, Adi Widiyanto mengatakan Biotron merupakan salah satu inovasi yang diiinisiasi oleh Widyaiswara BBPP Binuang, yang saat ini telah masuk 45 Besar Kompetensi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP). 

"Melalui pelatihan ini Kita fasilitasi penyuluh pertanian cara pembuatan,  produksi, hingga pengaplikasian Biotron di lapangan," pungkasnya