PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang

Tekan laju inflasi, BPPSDMP Kementan Selenggarakan Bimtek & Sertifikasi di Kalsel




 

 

 

Fokus Kementerian Pertanian saat ini yaitu untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang semakin maju, mandiri dan modern. 

 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi, menegaskan bahwa kunci keberhasilan pembangunan pertanian adalah peningkatan kapasitas SDM-nya. 

 

“Salah satu fokus kita adalah meningkatkan kualitas SDM, dengan SDM yang berkualitas tersebut, kita akan meningkatkan pertanian,” ujarnya. 

 

Atas dasar itulah, diselenggarakannya kegiatan Sertifikasi Kompetensi Skema Pembudidaya Tanaman Sayuran. 

 

Kegiatan Bimtek berasal dari Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalimantan Selatan, sedangkangkan sertifikasi diselenggarakan oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang pada tanggal 03 hingga 07 Juli 2023. 

 

Perwakilan dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pertanian, Apuk Ismane saat kegiatan pembukaan sertifikasi mengatakan, "Peserta sertifikasi berjumlah 60 peserta, yang sebelumnya sudah dibekali dengan bimbingan teknis (bimtek) oleh Widyaiswara BBPP Binuang," ucapnya 

 

Kepala BBPP Binuang, Bambang Haryanto melalui koordinator Widyaiswara Susmawati, menambahkan Peserta sertifikasi merupakan penerima manfaat, sekaligus pelaku di bidang budidaya tanaman hortikultura, khususnya cabai yang  berasal dari Kabupaten Tanah Bumbu, Tanah Laut, dan Kabupaten Banjar. 

 

Koordinator Asesor, Djoko Sumianto mengatakan Persaingan tenaga kerja, merupakan hal yang biasa. 

 

"Untuk dapat mengimbangi hal tersebut, perlu ada legalitas, Melalui kegiatan ini, Kementerian Pertanian memfasilitasi insan pertanian untuk mendapatkan legalitas" tambahnya.