PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang

BBPP Binuang Berperan Mempersiapkan Generasi Milenial dalam Produksi Benih Kedelai




BANJARBARU, MK - Peningkatan kompetensi terus dilakukan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang. Ini dilakukan sebagai upaya mempersiapkan generasi milenial, khususnya dalam memproduksi benih kedelai.
 
Kali ini, peningkatan kompetensi siswa dilakukan di SMK-PP Negeri Banjarbaru, tepatnya mulai 11 hingga 13 Februari 2019. Untuk materi-materi pada pelatihan sertifikasi produksi benih kedelai ini disampaikan Widyaiswara BBPP Binuang, Ramadhani Kurnia Adhi.
 
Peserta pelatihan sendiri merupakan siswa yang telah menempuh tahap akhir pendidikan.
 
"Dengan pelatihan ini, peserta diharapkan mampu mempersiapkan diri untuk mengikuti sertifikasi produksi benih tanaman kedelai," terang Ramadhani Kurnia Adhi, Widyaiswara BBPP Binuang.
 
Ramadhani mengungkapkan, untuk materi pelatihan disesuaikan dengan skema sertifikasi berdasarkan SKKNI 186 tahun 2018 mengenai produksi benih tanaman.
 
Sementara itu di hari kedua, Selasa (12/2/2019) ini, materi yang diberikan mengenai pengembangan diri dan pengembangan interaksi sosial.
 
"Materi pengembangan diri berisi tentang penerapan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja dan kegiatan dalam mengorganisasikan pekerjaan," jelasnya.
 
Sedangkan materi pengembangan interaksi sosial, lanjut Ramadhani, berisi tentang melakukan komunikasi efektif dan membangun jejaring kerja.
 
"Penyampaian materi dilakukan di dalam kelas dengan metode ceramah dan praktik," imbuhnya.
 
Selain itu, peserta juga diajak melakukan simulasi dalam melakukan komunikasi yang efektif serta membangun jejaring kerja (RKA).[bayu/mia]