PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang

BBPP BINUANG SIAPKAN PETANI PRGORAM FOOD ESTATE KAL.TENG MELAKUKAN JEJARING USAHA




 

 

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Biinuang Kalimantan Selatan yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kemente-rian Pertanian, memiliki tugas menyelenggarakan pelatihan dibidang perta-nian dengan wilayah ker-ja se Kalimantan atau li-ma provinsi di pulau Kalimantan.

 

Salah satu materinya adalah Membangun Jejaring Usaha yang fasilitasi oleh Widyaiswara BBBPP Binuang yaitu Yusuf Rijayanto, M.A. Mengawali pembelajarannya Yusuf Rijayanto, M.A. mengingatkan bahwa para peserta yang hadir mengikuti pelatihan ini merupakan anngota dan pengurus kelompok tani, dan kelompok tani merupakan salah satu kelembagaan petani yang sangat penting bagi petani dan pertanian. Yusuf pun mengnyampaikan bahwa petani dan Pertanian tanpa kelompok tani merupakan suatu hal yang tidak mungkin untuk maju.

 

   membangun jejaring usaha sesama/antar anggota. Diharapkan dengan terbangunnya jejaring usaha antar petani/anggota akan menjadi sesuatu kekuatan untuk nantinya membangun jejaring usaha dengan poktan lainnya atau bahkan dengan pihak-pihak lain yang kemampuannya tidak dimiliki oleh poktan seperti misalnya pengusaha pengolahan hasil, perbankan, distributor, dan pengusaha-pengusaha lain yang saling memberikan manfaat dan keuntungan keduabelah pihak.

 

Dari hasil pembelajaran para peserta bertekad untuk membangun jejaring usaha, ungkapan-nakan ungkapan para peserta atas hal tersebut menjadi rencana tindak lanjut hasil pembelajaran. Salah satu peserta menyampaikan bahwa sepulang dari mengikuti pelatihan mereka akan menyampaikan kepada pengurus kelompok taninya dan rekan-rekannya untuk menyiapkan diri untuk membangun jejaring usaha, mereka akan menindak lanjuti dengan melaksanakan “Temu Usaha”