PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang

TINGKATKAN KAPASITAS PENYULUH PEMPROV KALTIM GANDENG BBPP KEMENTAN




(RRI Banjarmasin) (20/01/2023) Sebagai wujud upaya untuk meningkatkan kompetensi Petani & Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Pemprov  Kalimantan Timur (Kaltim) siap Kerjasama Pelatihan dengan BBPP Binuang Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementerian Pertanian (BPPSDMP Kementan) 

 
Hal ini dilakukan pada hari Rabu, 18 Januari 2022 di inisiasi Sekretariat Daerah Prov. Kaltim melaksanakan rapat koordinasi persiapan draf Nota Kesepakatan.
 
Hadir mewakili Gubernur Kaltim secara offline di BBPP Binuang ,Kepala dinas Pangan TPH Kaltim dan BPPSDM Provinsi Kaltim. 
 
Adapun Rapat Kordinasi dan Kerjasama Pelatihan di Inisiasi Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim. 
 
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan peran pelatihan pertanian sangat penting belakang ini. Apalagi, di tengah sejumlah krisis yang terjadi secara global. 
 
"Sekali lagi saya katakan bahwa sektor pertanian memegang peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan pangan," katanya. 
 
Dedi Nursyamsi Kepala BPPSDMP menginisiasi setiap UPT BPPSDMP untuk mensinergikan pengembangan SDM diwilayah kerjanya.
 
Tingkatkan kerjasama dengan gandeng pemerintah Provinsi dan Kabupaten tegas dedi
 
Dalam kesempatannya saat rakor Nota Kesepakatan Kerjasama, Kepala BBPP Binuag Bambang Haryanto yang dalam hal ini diwakili oleh Yulia Asni Kurniawati Kerjasama ini nantinya mencangkup seluruh sektor pelatihan pertanian dengan pola PNBP. 
 
"Kami siap memfasilitasi Kerjasama Pelatihan, yang nantinya akan dilanjutkan dengan Sertifikasi Kompetensi," ungkapnya 
 
Hal senada juga disampaikan  Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur,Ir. Siti Farisyah Yana, M.Si yang mengatakan bahwa pihaknya siap untuk berkolaborasi dengan BPPSDMP Kementerian Pertanian. 
"kami harap melalui Kerjasama Pelatihan dan Sertifikasi ini, kemanfaatannya dapat dirasakan bersama," pungkasnya. 
 
Turut hadir dalam rapat koordinasi, Kepala Bidang Kerjasama Prov. Kaltim,. Badan Kepegawaian Daerah Prov Kaltim, Perangkat Daerah Pertanian Prov Kaltim.
Koordinator Program dan Evaluasi BBPP Binuang (Joko Triharjanto), Sub Koordinator Program dan Kerjasama (Agus Sumantri) serta Widyaiswara BBPP Binuang (Adi Widiyanto dan Amallia Rosya)
 
Penulis: JK/Agus/Irfan