PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang

DKPPTPH Kabupaten Tabalong Dukung Petani Hortikultura Dengan Gerakan Menanam Bawang Merah dan Cabai




(30/11/2022) --- Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKPPTPH) Kabupaten Tabalong mencanangkan gerakan tanam hortikultura di Desa Catur Karya, Kembang Kuning, Lokbatu, Masingai I dan Masingai II Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong pada Selasa, 29 November 2022. 

Kegiatan tanam simbolis dilakukan oleh Bupati Tabalong bersama unsur Forkopimda Kabupaten Tabalong, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura (TPH) Kalimantan Selatan, Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pertanian di Kalimantan Selatan, serta petani hortikultura di desa tersebut. 

Acara diawali dengan aksi tanam cabai bersama dengan tema “Gerakan Menanam Bawang Merah dan Cabai”, Bupati ingin menunjukkan bahwa pemerintah Kabupaten Tabalong melalui instansi terkait di kabupaten sangat peduli dengan petani hortikultura, hal ini didasarkan bahwa produk hortikultura adalah salah satu yang bisa memicu inflasi di tingkat kabupaten bahkan nasional, untuk itulah perlu selalu dijaga fluktuasi harganya dan tingkat produksinya. 

Ini sesuai dengan arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. “aktivitas pertanian tidak boleh berhenti, semua harus bergerak untuk menyediakan pangan bagi seluruh masyarakat Indonesia," ungkapnya. 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi juga menegaskan, “seluruh insan pertanian tetap semangat melakukan tanam dan panen setiap hari, ayo sinergi bersama-sama”, ajaknya

Pada arahannya Bupati Tabalong, Drs. H. Anang Syakhfiani, M.Si meminta agar petani mau bekerja keras karena seluruh instansi terkait di daerah baik tingkat provinsi dan nasional siap mendukup petani, untuk itu, Bupati juga menyampaikan terima kasih atas bantuan Dinas TPH Provinsi Kalimantan Selatan yang selalu jadi garda terdepan menyokong petani hortikultura di Kabupaten Tabalong dari UPT Kementerian Pertanian. 

Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian BBPP Binuang, Yulia Asni Kurniawati mengatakan pihaknya tidak bosan bosannya memberi bimbingan pada petani dan penyuluh di Kabupaten Tabalong agar semakin maju mandiri dan modern. 

 

Penulis: Amallia Rosya, SP, M.Si

Editor:. M. Irfan Karuniawan, S.Kom